Sabtu, 21 April 2012

Bagian bagian Kompresor Ac mobil merk Sanden/ SD jenis piston

Kompresor SD 507
Kompresor Ac mobil yang beredar di Indonesia ada beberapa macam merk dan ada 2 (dua) jenis sistem, yaitu Rotary dan Piston.
Adapun beberapa macam merk kompresor Ac mobil diantaranya adalah Sanden atau di singkat dengan SD. Di sini saya akan membahas tentang kompresor Sanden/SD menurut apa yang pernah saya lihat dan saya alami ketika kami melakukan reparasi/perbaikan Ac mobil.
Kompresor Sanden masih di bagi menjadi beberapa seri/type diantaranya 505, 507, 508, 510. ada pula yang bertype 709 atau SD 7H15 dan rotari TR 70, TR 90 dll
Perusahaan pembuat kompresor Sanden membagi beberapa seri/ type tersebut agar supaya penggunaanya bisa menyesuaikan cc/silinder mesin mobil yang di gunakan, misal :
Type 505 digunakan untuk mobil yang bersilinder 1000 cc.
Type 507 digunakan untuk mobil yang bersilinder 1300 s/d 1500 cc.
Type 508 digunakan untuk mobil yang bersilinder 1800 s/d 2000 cc.
Type 510 digunakan untuk mobil yang bersilinder 2000 cc keatas.
**Seri/ 5 di depan adalah piston jumlah 5, seri 7 di depan adalah piston jumlah 7**
Berdasarkan apa yang pernah kami lihat dan kami alami bahwa kami sering menjumpai kompresor Ac mobil type 709 sering di gunakan untuk mobil Peugeot, Preggio ( KIA ).  type rotari TR 70 sering di pakai pada mobil Honda Grand LX dan type rotary TR 90 di gunakan mobil Honda Genio, Ferio, Jazz dll 
Kelebihan dari kompresor Sanden jenis piston termasuk kompresor yang bandel dan awet di karenakan struktur dalam dinding ruang kompresi dan ring pistonnya menggunakan baja, tetapi kompresor ini hanya memiliki  klep/valve in dan out-nya hanya satu di belakang.
Namun demikian para pelanggan jangan khawatir kompresor ini di desain simple tapi mampu untuk mendinginkan/membuat sejuk seluruh ruangan mobil anda.

Gambar di bawah ini adalah bagian bagian dalam kompresor Sanden

Tutup depan kompresor
Body kompresor
Piston kompresor

Tutup belakang kompresor
Valve buang/out
Valve masuk/in


Trust bearing/laker bambu


Kruk as



Ruang kompresi


Magnit kompresor

Pully

Cluth kopling


9 komentar:

  1. makasih infonya sangat berguna bagi pencari ilmu dan pengetahuan seperti saya, semoga juga bermanfaat untuk rekan2 yang lain.

    BalasHapus
  2. Sama sama bos hehehe
    perlu diketahui juga bahwa kami hanya memposting dan membahas hasil pekerjaan yang pernah kami lakukan walaupun belum semua hasil pekerjaan kami posting dan kami bahas disini...semoga bisa bermanfaat bagi teman2 semua...thank

    BalasHapus
  3. Bos, kalo sanden type 508 harganya berapa ya ...thanks

    BalasHapus
  4. Wah mobilku malah rusak :
    1. Diubah posisi pipingnya jadi nggak karu2an
    2. Ganti Evaporator
    3. Habis service seminggu kemudian mati lagee
    4. Dibalikin terus katanya di cek ganti seal di compressor, seminggu kemudian matek lagii ... saat mobil diambil bengkelnya pesan besok cari bengkel lain aja .... Parah nih bengkel !!!!!

    BalasHapus
  5. Pengalaman service di anugrah, AC mobilku malah rusak parah :
    1. Diubah posisi pipingnya jadi nggak karu2an
    2. Ganti Evaporator
    3. Habis service seminggu kemudian mati lagee
    4. Dibalikin terus katanya di cek ganti seal di compressor, seminggu kemudian matek lagii ... saat mobil diambil bengkelnya pesan besok cari bengkel lain aja .... Parah nih bengkel !!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @XXX : mungkin lebih baiknya disertakan nomer nota, jenis mobil dan plat nomor kendaraan anda bos..biar semuanya jelas

      Hapus
  6. Kang...kalo kompressor rusak masih mungkin diperbaiki kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Awie keren : kompresornya kita analisa/cek dulu seberapa tingkat kerusakannya,kalo rusaknya parah ya maaf mungkin lebih baik ganti kompresor aja bos...hehehe

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus